4 Tips Latihan Beban Bagi Pemula dan Kesalahan Saat Latihan Beban

Manfaat Latihan Beban dan Cara Mudah Melakukannya - Alodokter

Olaharaga yang paling efektif dalam membentuk tubuh dan juga meningkatkan metabolisme tubuh dan juga memperkuat tulang adalah latihan beban.

Selain itu juga banyak sekali manfaat dari latihan beban. Sebagai pemula dalam latihan beban, maka kita harus mengetahui beberapa tips latihan beban. Berikut ini tips memulai latihan beban untuk pemula adalah:

  1. Rencanakan Program Latihan Beban

Agar kita mencapai tujuan dalam latihan beban secara optimal, maka sebaiknya kita menyusun rencana program latihan beban. Kita dapat menyusun latihan beban apa saja yang akan kita lakukan.

Misalnya dimulai dari bagian lengan, kaki, perut, dada dan punggung. Kemudian lakukan latihan beban tersebut dengan rutin dan teratur sampai dengan kita mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita. Dengan kita latihan otot yang berbeda-beda setiap harinya memiliki fungsi agar otot tubuh yang lelah beristirahat .

  1. Atur Frekuensi Dan Intensitas Latihan

Setelah kita merencanakan dari program latihan beban, maka kita juga harus mengatur frekuensi dan intensitas latihan beban. Dan idealnya latihan beban baik dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Dan dilakukan selama 3 kali dalam seminggu. Akan tetapi bagi seorang pemula kita dapat memulai dengan seminggu 2 kali dan kemudian ditingkatkan seiring waktu berjalan.

  1. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting saat melakukan latihan beban. Karena jika kita tidak memberikan istirahat yang cukup bagi tubuh kita maka latihan beban yang kita lakukan akan berkurang manfaatnya. Jika kita terlalu berambisi dalam latihan beban juga dengan cara memaksakan latihan secara terus menerus maka kita akan beresiko membuat otot tubuh kita cedera.

  1. Didampingi Oleh Instruktur

Jika kita seorang pemula pada latihan beban, maka alangkah baiknya jika kita meminta dampingan dari seorang instruktut, karena hal ini akan membuat latihan beban kita lebih terarah dan juga lebih maksimal.

Adapun kesalahan yang sering terjadi pada saat latihan beban diantaranya adalah:

  • Penggunaan beban yang terlalu ringan, dengan kita menggunakan beban yang ringan saat latihan beban atau beban yang dibawah kemampuan kita maka ini tidak akan menghasilkan pada otot tubuh kita. Maka sebaiknya kita menyesuaikan berat beban sesuai dengan kemampuan kita dan selalu meningkatkannya seiring dengan proses kekuatan otot tubuh.
  • Penggunaan beban yang terlalu berat di awal latian, kebalikan dengan yang tadi menggunakan beban yang berat diawal saat masih pemula dalam latihan beban sangat tidak disarankan dikarenakan hal ini akan membuat otot tubuh tertekan sampai dapat menimbulkan cedera karena dipaksakan untuk menompang beban yang melebihi kapasitas dari tubuh. Dan latihan beban berat diawal juga akan membuat hilangnya keseimbangan dan membuat gerakan latihan pun menjadi tidak sempurna.
  • Gerakan pengulangan yang cepat, jika kita melakukan latihan berat beban secara tergesa-gesa atau buru-buru. Sehingga pengulangan yang dilakukan terlalu cepat maka itu juga akan membuat hasil yang didapatkan tidak sempurna dan maksimal. Selain itu juga kita akan membuat resiko terkena cedera semakin besar dan akan membuat trauma pada jaringan sendi dan otot tubuh.
  • Kurang istirahat serta terlalu lama dalam latihan beban, ketika kita melakukan latihan beban terlalu lama dan juga tidak di selingi dengan istirahat maka latihan beban yang kita lakukan akan rusak dan hasil yang didapatkan juga kurang baik.